Sering Gunakan 3 Kata Ini Dalam Rumah Tangga Agar Selalu Sakinah Dan Harmonis


SepercikHikmah - Sahabat hikmah... Memiliki rumah tangga yang sakinah mawadah warohmah (SAMARA) merupakan dambaan setiap orang, namun beberapa pasangan seringkali merasa kesulitan bagaimana menerjemahkanya dalam kehidupan keseharianya.



berinteraksi dengan pasangan kita, biasakan menggunakan 3 kata ini, yakni Minta Tolong, Minta Maaf dan Terima kasih. Mudah-mudahan dengan 3 kata ini mampu membentuk sebuah keluarga yang SAMARA.








1. Terima kasih

Biasakan memberikan kata “terima kasih” kepada pasangan kita apabila pasangan kita telah melakukan sesuatu yang kita anggap sangat bermanfaat bagi kita. Kata “terima kasih” juga sangat cocok digunakan sebagai satu kesatuan kata “minta tolong” kepada pasangan kita.



Jangan pernah lelah ucapkanlah kata “terima kasih” untuk berbagai hal terhadap pasangan kita. Misal : “terima kasih ya Sayang, sudah membukakan pintu” ucap sang Suami, kemudian dibalas oleh sang Istri “terima kasih ya sayang, sudah membelikan pesenanku”.

2. Minta Tolong

Biasakan menggunakan kata “minta tolong” ketika sang suami menyuruh istri atau sebaliknya seorang istri menyuruh suami untuk mengerjakan suatu pekerjaan. Meski sederhana, kata “minta tolong” akan berpengaruh besar terhadap komunikasi suami istri.

Kata “minta tolong” memperlihatkan bahwa ada penghargaan yang sangat tinggi terhadap pasangan, sehingga rasa direndahkan atau sebagai objek suruhan dengan serta merta akan sirna. Yang muncul adalah rasa saling mengisi, karena suami istri adalah partner yang sejajar.


Baca Juga:




3. Minta Maaf

Biasakan saling berebut menggunakan kata “minta maaf” apabila terjadi perselisihan dengan pasangan yang mengakibatkan terjadinya pertengkaran.



Kata “minta maaf” tidak akan pernah merendahkan si pengucapnya, sebaliknya akan menjadi penyejuk ketika hubungan dengan pasangan kita agak memanas.



Jangan biarkan apabila ada masalah dalam keluarga dibiarkan berlarut-larut tanpa solusi, sehingga mengakibatkan pertengkaran dan berujung sikap saling diam mendiamkan.
Apabila ketiga kata tersebut menghiasi hari-hari berumah tangga, maka yakinlah akan semakin terlahir sebuah rumah tangga yang sakinah, mawadah dan warohmah. Aamiin.





Sumber : islamedia.id
loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==